Maldives is one frickin creative country

December 20, 2011 § Leave a comment

Suatu hari bertanyalah bapak dosen kepada anak2nya;
‘Negara apa yang menurut kalian paling kreatif?’
‘Jawabannya tulis di blog yaaaw’

So then here we are, negara paling kreatif. Kreatif. Menurut gw pribadi kreatif tuh adalah hmmm pokoknya in a nutshell begini:
‘make something out of nothing’
Gw mikir, negara apa ya yang kaya gitu.. Indonesia sih banyak punya gituan, kayak di tol misalnya, tol Simatupang yang biasanya 3 jalur kalo udah agak rame berubah secara tiba2 jadi 4 jalur, maksudnya, dari yang aspal cuman selebar 3 meter di pinggiran tol aja bisa jadi satu lajur yang fully functional. Make a lane out of, well, nothing. Itu bisa dibilang kreatif juga sih. Tp kali ini gw mau agak serius sedikit (mind you, seriusnya gua kadang-kadang main-main bagi 95% manusia).
Sebenernya ada sih parameter kekreatifan suatu negara, judulnya GCI atau global creativity index. Jadi itu kaya ngitung tingkat kekreatifan negara berdasarkan beberapa faktor. Faktor yang diitung dari tingkat bla bla some macro economical bullshit gw agak males make ini buat nyari negara yang paling kreatif.
‘Seriously man think hard, what country made something incredible out of nothing?’
Gw tau! Jawabannya menurut gw negara Maladewa, atau Maldives.


The friggin country has no land!, seriously, baca aja di wiki, Maldives, water-land ratio: 100-0 that means 100% aer, 0% daratan. Lah? Ternyata seluruh wilayahMaldives yang membentang sejauh 298 km adalah formasi dari atoll-atoll.
Wait what? Atolls?
Atoll
A coral island or series of coral islands forming a ring that nearly or entirely encloses a shallow lagoon. Atolls are surrounded by deep ocean water and range in diameter from about 1 km (0.62 mi) to over 100 km (62 mi). They are especially common in the western and central Pacific Ocean and are believed to form along the fringes of underwater volcanoes.
Technically atoll itu bukan daratan tp lebih tepat disebut formasi koral. Yea that solves the 100-0 water to land ratio. Jadi Maldives itu ga punya daratan secara teknis, trivia yg menarik banget menurut gw.
Kembali ke bahasan negara kreatif, Maldives udah memenuhi satu dari dua kriteria negara kreatif ala gw dengan ga punya (lagi, secara teknis) daratan. Trus?
Pas gw liat GDPnya, maldives tuh punya pendapatan perkapita 9045 USD percapita. Holy shit kok bisa? Ternyata mereka mainin itu ribuan atoll2 kecil sekecil pulau rumahnya kamesennin, buat bikin itu semua jadi favorite vacation destination para turis. Itu atoll2 emang subhanallah banget bagusnya, karena itu sejak awal 80an mulailah mereka gencar bgt buat ngedevelop pariwisata mereka sehingga sampe taun 2011 ini 98% dari gross domestic productnya. Bener2 negara pariwisata bgt. Dari 3949 atoll2 di Maldives, sekitar 3700 nya udah dibangun hotel dan cottage kelas premium. Hilton, Hyatt, Sheraton you name it lah ada semua disana.


‘make something out of nothing’
Mereka bikin negara yang ga punya daratan jadi favorite tourist destination.
Selamat, Maldives.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Maldives is one frickin creative country at mishaarya.

meta

%d bloggers like this: